01 Agustus, 2008

Hasil Peksiminas IX Jambi 2008

Pekan Seni Mahasiswa Nasional atau PEKSIMINAS IX diselenggarakan di Jambi pada tanggal 25 s/d 29 Juli 2008. Program Dikti tersebut diselengarakan dua tahunan, bergantian dengan POMNAS. Ada 6 tangkai seni yang dipertandingkan yaitu Tari, Puisi, Solo Vocal, Vocal Group, Teater Monolog dan Seni Rupa. Untuk masing-masing tangkai seni ada beberapa yang dilombakan, untuk tangkai seni rupa terdiri dari Seni Lukis, Seni Photografi, Desain Grafis Komputer, Komik Strip dan Film Pendek. Tahun ini UDINUS mengirim 15 karya di tangkai Seni Rupa.

Tepat Jam 10 Hari Sabtu Tanggal 25 Juli 2008 Peksiminas dibuka oleh Mentri Pendidikan dan ditutup pada tanggal 29 Juli 2008. Para pemenang lomba diumumkan saat acara penutupan, dan cukup membanggakan UDINUS dalam hal ini UKM Teater Kaplik mendapat Juara Satu Film Pendek dengan judul "Preman A - Z". Film pendek ini menceritakan kisah seorang Bos Preman yang buta huruf dan akhirnya dengan caranya sendiri yaitu dengan menculik seorang Guru untuk dipaksa mengajari membaca di markas kekuasaannya. Ada semangat untuk menjadi orang pandai, dengan pantang menyerah untuk tidak berhenti belajar. Ini menunjukkan bahwa masalah Premanisme akarnya karena kurangnya pendidikan dikalangan mereka. Lokasi Shooting adalah Kampus UDINUS, Kota Lama, Tawang, Pasar Mbulu dan BSB. Sutradara dari film pendek tersebut adalah Dimas Ari Pranata dengan Pimpronya Ali Muchson.

Adapun perolehan juara untuk tim BPSMI Jateng adalah:
#Dua Juara I (emas):

  • Film pendek (UDINUS)
  • Penulisan Cerpen (ISI Solo)

#Empat juara II (Perak):

  • Monolog (IKIP PGRI)
  • Poster (UNNES)
  • Naskah Lakon (UNDIP)
  • Keroncong (UNSOED)

#Delapan Juara III ( Perunggu)
#Selain itu ada Juara Harapan I sebanyak 4 buah dan untuk juara harapan 2 sebanyak 2 buah.

Hasil lengkap Peksiminas adalah:

  1. TIM Mahasiswa JATIM
  2. TIM Mahasiswa JATENG
  3. TIM Mahasiswa DIY
  4. TIM Mahasiswa Bali
  5. TIM Mahasiswa DKI

Untuk tahun 2006 Peksiminas VIII di Makasar Tim Jateng juara Umum.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

YTH..mass..sy slh satu wakil kontingen JATENG di PEKSIMINAS IX..saya ingin menanyakan ttg sgala sesuatunya stlh PEKSIMINAS ke BPSMI JATENG..bs tlg beritahu ke mana sy hrs temui?atau situs apa yang harus saya masukin?sebab sertifikat sy blm keluar..thx