30 Oktober, 2008

Generasi Muda yang Mandiri

Saya masih ingat tulisan pak Samuel di Kompas, yang menceritakan kisah dua anak laki-laki. Yang satu bertingkahlaku alim, penurut, taat dan selalu mendengarkan apa yang diinginkan orang tua, sedangkan yang satunya lagi berperilaku merdeka, berpikir kritis dan tidak dalam kotak, cenderung mempunyai pemikiran yang berbeda, percaya diri, berdedikasi dan tidak mau banyak diatur.
Apa yang terjadi setelah mereka berdua besar. Yang alim dan penurut orang tua bekerja di perusahaan orangtuanya dan meneruskan usaha orangtuanya yang masih dalam kendali orang tuanya, sedangkan yang merdeka dia sudah bekerja di Amerika dan mempunyai usaha sendiri disana.
Apa yang mau diungkapkan dalam tulisan tersebut, sebenarnya adalah harapan akan generasi yang merdeka, yang mempunyai dedikasi, tidak menggantungkan diri pada orangtua dan yang jelas mandiri. Kadang ada yang keliru dalam budaya Indonesia, yaitu orangtua terlalu banyak berperan dalam membentuk pribadi yang tidak mandiri. Dan kadang orangtua tidak sadar akan hal ini, karena kecintaan yang berlebihan yang sebetulnya ajaran jawa ada istilahnya yaitu "Tresno tanpo Alis". Coba kita tengok kecintaan Penguasa ORBA Soeharto terhadap anaknya, membuat mereka gagal dalam menangkap nilai-nilai soft skills.

Kemarin saya berkunjung ke kampus UNMER Malang, ada program pengembangan soft skills disana, ternyata UNMER juga sama dengan UDINUS mendapatkan Hibak Kompetisi Soft Skills. UNMER memberikan nilai Mandiri sebagai Inti dari sasaran Program Soft Skills. Terpampang ada dua kelompok yang dituju dalam pengembang softskills tsb yaitu Mahasiswa (Student) dan Dosen (Lecturere).
Di Udinus pun sudah mempersiapkan tim untuk mengembangkan nilai soft skills dengan sasaran mahasiswa dan dosen. Nilai-nilai terpampang di dinding, diharapkan bisa secara mandiri maupun kelompok dikembangkan sendiri baik oleh mahasiswa maupun dosen. Sehingga pribadi mandiri benar-benar terwujud.

1 komentar:

Hokky News mengatakan...

halo mas tiyas slm kenal dri doni item.secara kg sengaja saya nemukan blog ini.bagus banget isinya.

kunjungi blog sya ya kalau pas smpat

doniitem.blogspot.com


TUHAN MEMBERKATI