23 Juli, 2010

eGamelanku UDINUS Juara I di Festival Kesenian Se Jateng DIY

e-Gamelanku yang merupakan hasil risert Prioritas Nasional yang di ketuai oleh Y. Tyas Catur Pramudi salah satu dosen UDINUS, setelah mengawali suksesnya dengan mengadakan muhibah seni ke CYCU Taiwan 7 s.d. 10 Juni 2010, dan kemudian diboyong main di Singapura pada tanggal 3 s.d. 7 Juli 2010, kembali memberikan prestasi yang sangat membanggakan yaitu sebagai Juara I Festival Kesenian Daerah se Jateng DIY di IKIP PGRI Semarang tanggal 20 Juli 2010. Pada kesempatan itu 12 mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang tampil dengan sangat memukau, dimana salah satu tamu kehormat yang hadir adalah Prof. Mustafid Koordinator Kopertis VI. Beliau sangat memberikan apresiasi yang luarbiasa atas kreativitas mahasiswa UDINUS tersebut.

Bunyi-bunyian berbagai ornamen gamelan, seperti bonang, saron, dan gong yang dihasilkan laptop itu tampak atraktif, diiringi satu-satunya ornamen konvensional yang digunakan, yakni kendang. Tiga sinden juga ditampilkan untuk menyempurnakan pertunjukan gamelan elektronik itu dengan menyanyikan sejumlah lagu tradisional Jawa, seperti "Suwe Ora Jamu" dan "Gugur Gunung".

Selamat untuk para mahasiswa yang sudah mengukir prestasi. Semoga dengan prestasi ini dapat memacu kawulamuda untuk nguri-uri kabudayan Jawa salah satunya adalah main gamelan.


2 komentar:

Agus mengatakan...

Pak Tyas, kami dari SMA Muh.1 Pati sangat tertarik dengan inovasi e-Gamelanku atau yang sejenisnya (virtual gamelan (P.Joko Triyono) atau Virtual Javaneses Gamelan (WCSMUSIC) ). Apa perbedaan antara ketiganya ? bagaimana kami bisa memanfaatkan teknologi ini bagi pengembangan diri siswa-siswa kami ? Bisa membantu kami pak ?

Mr.Massidi mengatakan...

salam kenal P tyas sy siswa anda dr stiepari, sy suka dengan e gamelanku. moga sukses selalu.