21 Februari, 2008

UDINUS Tuan Rumah Peksimida 2008

Pekan Seni Mahasiswa Nasional- Peksiminas IX akan dilaksanakan di Jambi 26 Juli s/d 2 Agustus 2008. Untuk mensukseskan tim dari perguruan tinggi Jawa Tengah, maka BPSMI Jateng sebagai organisasi yang mewadahi pembinaan seni mahasiswa akan mengadakan Peksimida yang rencana akan diadakan sekitar 5 Mei s/d 30 Juni, tergantung perguruan tinggi penyelenggara Peksimida sebagai ajang seleksi ke tingkat Nasional. Pengiriman data pemenang ke BPSMI Jateng adalah 7 Juli 2008.
Terdapat 6 kelompok yang dipertandingkan yaitu:
1. Vocal Grup - pelaksana adalah UKSW Salatiga
2. Tari - pelaksan adalah UNNES
3. Nyanyi Tunggal - Pelaksana adalah UNSOED Purwokarto
4. Baca Puisi - Pelaksana adalah UNDIP
5. Lukis Poster, Desain Grafis Komputer, Fotografi, Komik Strip dan Film Pendek- Pelaksana adalah UDINUS Semarang
6. Teater Monolog- pelaksana adalah ISI Surakarta
Dalam kesempatan ini UDINUS menjadi penyelenggara lomba lukis poster, Desain Grafis Komputer, Fotografi, Komik Strip dan Film Pendek. Dalam pelaksanaan akan banyak melibatkan sumber daya di program studi seperti DKV, Broadcasting dan multimedia, serta tidak lupa peranan TVKU dan UKM fotografi.
Mengingat Jateng tahun 2006 adalah juara umum maka perlu persiapan yang sungguh-sungguh untuk mempertahankan posisi puncak tersebut. Dalam rapat di UNS kemarin (12 Pebruari) ada himbauan kepada Pemerintah untuk tidak berlaku diskriminasi dalam mengapresiasikan prestasi antara Olahraga dan Seni. Ketua BPSMI Jateng yang kebetulan PR3 UNS pak Dwi mengungkapkan uneg-uneg ini ke Gubernur dan KaDinas Pendidikan, berkaitan dengan kenyataan bahwa saat prestasi puncak mahasiswa di bidang seni, yang lolos sebagai juara umum, pemenang tidak mendapatkan hadiah, sedangkan sewaktu POMNAS 2007, dimana Jawa Tengah justru mengalami kemerosotan prestasi dari urutan 3 meluncur ke urutan 7, malah diberi hadiah berupa uang 15 juta sampai 7 juta. Pantas lah kalau Pengurus BPSMI merasa diperlakukan secara tidak adil. Semoga hal ini tidak terjadi lagi ditahun depan.
SALAM BUDAYA

6 komentar:

Anonim mengatakan...

wah..bersyukur sekali virus blog sudah mulai mewabah di udinus.
saya tadi pagi ikut seminarnya mas wahyudi tentang blog. semoga bisa jadi awal yang baik.

Anonim mengatakan...

Salam Seni,
Saya mahasiswa UKSW Salatiga. Tema untuk peksimida kali ini apa pak? terutama untuk fotografi dan sinematografi.
Terima Kasih banyak..

Y. Tyas Catur Pramudi mengatakan...

Terimakasih anda sudah mengunjungi blog saya. Tema fotografi adlah" Masyarakat Indonesia di Era Reformasi". Menggambarkan berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, bik kesenian, politik dan keseharian. Boleh menonjolkan aspek yang positif dan negatif yang masih perlu direformasi. Sedangkan tema Film Pendek "Daya hidup masyarakat kecil yang menggambarkn dan merekam berbagai sisi kehidupan masyarakat kecil di Indonesia, baik di perkotaan, pedesaan mupun di pedalaman. kami tunggu partisipasi anda, salam buat pak Umbu

Dhoni Zustiyantoro mengatakan...

pak, bagaimana cara mengikuti lomba poster?apa saja tema, syarat dan ketentuannya? mohon kejelasan.
saya mahasiswa seni rupa Unnes.
salam budaya.....

Y. Tyas Catur Pramudi mengatakan...

mas dhony dari unnes, terimakasih atas kunjungan anda ke blog saya. Kadang saya berpikir kenapa ya yang agresiv bertanya malah bukan mahasiswa UDINUS. Menjadi refleksi buat saya, bisa saja mhs UDINUS tidak dibiasakan dengan semangat kompetitif. Panitia untuk lomba bru dibentuk dan baru menyusun proposal mas. Jadi sabar karena ancer2 pelaksanaan sekitar Mei Juni. Nanti kalau proposal sudah jadi pasti saya upload ke blog saya. Begitu mas dhony. Salam Budaya

Anonim mengatakan...

Numpang tanya, untuk film pendek ntar tema nya apa ya? kalo 2 tahun yg lalu kan kesenian tradisional, nah kalo sekarang ap ya?

THX..

(MP)