27 Februari, 2009

KKTM berubah Menjadi PKM GT

Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) yang rutin tiap tahun diadakan oleh Direktorat Akademi dan Kemahasiswaan DIKTI untuk tahun ini diganti dengan PKM GT (Program Kretivitas Mahasiswa Gagasan Tertulis) dan dibawah tanggungjawab DP2M. Seleksi KKTM dulu diadakan secara bertahap, dari tingkat Kopertis kemudian tingkat wilayah dan yang terakhir adalah PIMNAS. Untuk tahun ini tidak seperti itu lagi, melainkan langsung dikirim ke DP2M dan batas pengumpulan adalah tanggal 10 Maret 2009. Gagasan perubaan ini muncul saat PIMNAS 2009 di Unissula.

Perbedaan KTM dan PKM GT.
Sebenarnya keduanya mempunyai format penulisan yang sama, hanya ada perbedaan-perbedaan yang perlu disesuaikan dengan aturan PKM GT. Adapun PKM GT mempunyai jumlah halaman sebanyak 10 s/d 15 halaman dikumpulkan dengan warna coklat. Topik bebas tidak ditentukan seperti KTM dulu, tetapi tetap mengacu pada tema "Daya saing Bangsa dan Keunggulan Lokal". Yang dinyatakan lolos akan diberi insentif sebesar Rp. 3.000.000 rupiah.

Perbedaan PKM GT dan PKM AI.
PKM GT adalah berupa karya tulis ilmiah yang didalamnya berisi gagasan-gagasan kreativ yang bisa dikatakan baru, dan bukan hasil penelitian eksperimental. Gagasan bisa muncul dari tulisan atau penelitian orang lain, pengamatan atau studi literatur.
Sedangkan PKM AI adalah program Karya Tulis Artikel Ilmiah yang dulu dikenal dengan nama PKMI. Syarat PKM AI adalah hasil tulisan yang didasarkan pada apa yang sudh dilakukan oleh mahasiswa berupa penelitian, kegiatan pengabdian atau kegiatan yang lainnya. PKM AI diberi sampul Hijau Muda.

PKM AI dikumpulkan bersamaan dengan PKM GT yaitu pada tanggal 10 Maret 2009 ke DP2M Dikti Jakarta. Untuk informasi lanjut kunjungi web www.dp2m-dikti.net.

1 komentar:

hanum mengatakan...

Maju terus mahasiswa kreatif Indonesia, mari kita tingkatkan minat ilmiah karya tulis demi Indonesia Jaya ^_^